Chat Box

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 24 pada Mon Oct 04, 2010 10:03 am
Total Pengunjung
Website counter
Visitor

Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

default Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Post by AISHA on Sun Mar 28, 2010 10:39 am

3. PEMBAHASAN MASALAH





Dalam penulisan ini, penulis
membuat sebuah aplikasi resizing
citra menggunakan JAVA yang akan diimplementasikan pada komputer dekstop.
Proses pembuatan aplikasi ini melalui beberapa tahapan, mulai dari pembuatan
alur, pembuatan struktur, perancangan tampilan, implementasi program dan
spesifikasi hardware. Bab ini akan menjelaskan tentang tahapan-tahapan dalam
pembuatan aplikasi resizing citra.





3.1 Pembuatan Struktur


Untuk mempermudah dalam
pembuatan aplikasi, pertama-tama penulis merancang struktur navigasi, sehingga
pembuatan program aplikasi dapat dilakukan secara terurut. Struktur navigasinya
adalah sebagai berikut :






Gambar 3.1 Struktur Program





Struktur
navigasi di atas, merupakan urutan penggunaan aplikasi pengolahan citra.
Pertama-tama pada saat aplikasi dijalankan, menu yang hanya bisa di akses
adalah Buka gambar, dan About. Untuk dapat menggunakan semua menu yang ada,
kita harus mengambil gambar yang terdapat pada media penyimpanan. Setelah gambar
di panggil maka gambar tersebut akan ditempatkan pada Internal Frame,
selanjutnya pengguna dapat me-resize lalu di simpan atau bisa juga
langsung menyimpannya apabila hanya ingin merubah namanya saja. Setelah itu,
pengguna dapat menutup aplikasi dengan memilih menu keluar.





3.2 Pembuatan Alur





Gambar 3.2 Diagram Alur





Pada alur diagram ini, user
diharuskan untuk membuka file gambar yang akan di resize. Setelah itu, kita dapat memilih untuk me-resize gambar tersebut. Pada saat kita
memilih resize, akan tampil frame
yang digunakan untuk memasukkan ukuran atau resolusi gambar yang baru. Setelah
gambar tersebut di resize, user dapat menyimpan hasil gambar yang
baru. Apabila kita telah selesai menggunakan aplikasi ini, kita dapat memilih
Keluar untuk menghentikan aplikasi.





3.3 Rancangan Tampilan


3.3.1 Rancangan
Tampilan Utama



Pada
tampilan utama ini digunakan sebagai tempat untuk menjalankan semua
fungsi-fungsi yang terdapat pada aplikasi ini.





Gambar 3.3 Tampilan
Utama





Pada rancangan tampilan di atas,
berikut ini adalah komponen-komponen yang digunakan:


-

JToolBar

:

Untuk menaruh tombol-tombol yang
digunakan sebagai menu

-

JButton1

:

Berguna sebagai tombol untuk mem-browse gambar yang akan ditampilkan

-

JButton2

:

Berguna untuk menyimpan gambar

-

JButton3

:

Berguna untuk menampilkan form
memasukkan ukuran gambar

-

JButton4

:

Berguna untuk menampilkan form
bantuan

-

JButton5

:

Berguna untuk menampilkan form
tentang

-

JButton6

:

Berguna untuk menutup form utama

-

JDesktopPane

:

Berguna sebagai tempat untuk
menampilkan gambar





3.3.2
Rancangan TampilanPengaturan
resolusi



Pada
tampilan pengeturan resolusi ini, akan digunakan untuk memasukkan ukuran pixel
gambar yang diinginkan. Pengguna akan diminta untuk memasukkan lebar dan tinggi
yang diinginkan.





Gambar 3.4
Memasukkan ukuran gambar





Pada
rancangan tampilan di atas, berikut ini adalah komponen-komponen yang
digunakan:


-

Label1

:

Berisi tulisan lebar

-

JLabel2

:

Berisi tulisan tinggi

-

JTextField1

:

Untuk memasukkan lebar ukuran
gambar yang baru

-

JTextField2

:

Untuk memasukkan tinggi ukuran
gambar yang baru

-

JButton1

:

Tombol OK untuk mengeksekusi
perintah

-

JButton2

:

Tombol Cancel untuk membatalkan
perintah





3.3.3
Rancangan Tampilan Bantuan


Pada rancangan tampilan help ini,
penulis menempatkan beberapa komponen yang berguna untuk menampilkan tutorial
berupa tulisan.





Gambar 3.5
Rancangan TampilanBantuan





Pada
rancangan tampilan di atas, berikut ini adalah komponen-komponen yang
digunakan:


-

JButton1

:

Berguna untuk membuka tutorial
tentang membuka gambar

-

JButton2

:

Berguna untuk membuka tutorial
tentang menyimpan gambar

-

JButton3

:

Berguna untuk membuka tutorial
tentang mengubah resolusi gambar

-

JTextArea

:

Berguna untuk menampilkan tutorial





3.3.4 Rancangan
TampilanTentang



Pada rancangan tampilan tentang ini,
penulis menempatkan beberapa komponen yang berguna untuk menjelaskan tentang
pembuat program dan ucapan terima kasih





Gambar 3.6 Rancangan Tampilan Tentang





Pada
rancangan tampilan di atas, berikut ini adalah komponen-komponen yang
digunakan:


-

JLabel1

:

Menampilkan gambar

-

JLabel2

:

Menampilkan tulisan ucapan terima kasih





3.4
Penjelasan Source Code


Source code aplikasi resizing citra
ini selengkapnya telah dilampirkan lampiran program. Sub bab ini akan
menjelaskan sebagian code dari setiap bagian utama dari program tersebut.


3.4.1 Buka Berkas Gambar


public String
FileChose() {


JFileChooser
fc = new JFileChooser();


fc.setAcceptAllFileFilterUsed(false);


int returnVal =
fc.showDialog(this,"Select Image");


if
(returnVal == JFileChooser.APPROVE_OPTION) {


return fc.getSelectedFile().toString();


}else{



return "-1";


}



}


Setelah kita memilih menu buka, akan muncul tampilan untuk
mencari berkas gambar yang akan di ubah ukurannya. Hasil berkas yang didapat
dari return fc.getSelectedFile().toString()
disimpan sementara di
dalam buffer file sebelum di
tampilkan.


Adapun
listing proses penyimpanan berkas sebagai berikut:


BufferedImage
bufImage(String ImageName){


try{


BufferedImage
img1 =ImageIO.read(new File(ImageName));


return
img1;


}catch (Exception e){return null;}


Pada listing di atas, dibuat objek
dari kelas BufferedImage yaitu img1 yang digunakan untuk membaca berkas gambar
yang akan di resize. Berkas gambar
yang telah dibaca pada BufferedImage
kemudian akan ditampilkan.


Berikut listing untuk menampilkan
berkas gambar.


private void
openImage(String strIm){


try{


BufferedImage im =
bufImage(strIm);


L = new Layer(100, 50,
im.getWidth()+10 ,im.getHeight()+33, im, strIm);


gmbr = im;


desktop.add(L);


this.btUkuran.setEnabled(true);


}catch (Exception e){ }


}


Pada listing
di atas, dibuat objek dari kelas BufferedImage yaitu im. Setelah itu dibuat
objek dari kelas Viewer yaitu vi, yang digunakan sebagai media untuk
menampilkan gambar. Adapun parameter pada kelas Viewer sebagai berikut:


  • Parameter
    pertama menunjukkan posisi Layer
    berdasarkan sumbuX.
  • Parameter
    kedua menunjukkan posisi Layer
    berdasarkan sumbuX.
  • Parameter
    ketiga menunjukkan lebar Layer
    berdasarkan lebar gambar yang akan ditampilkan.
  • Parameter
    keempat menunjukkan tinggi viewer
    berdasarkan tinggi gambar yang akan ditampilkan.
  • Parameter
    kelima berisi berkas gambar
  • Parameter
    keenam berisi lokasi tempat gambar






3.4.2 Resizing
citra



Setelah memasukkan ukuran gambar yang baru maka digunakan oleh method
updateScale


public Utama(String width,String
height){


L.updateImage(scale(gmbr,Integer.parseInt(width),


Integer.parseInt(heigt)));


}


Method Utama akan memanggil method
updateImage pada kelas Layer yang akan memanggil method scale. Dimana method tersebut akan melakukan proses resizing.


public void
updateImage(BufferedImage image){


img1=image;


aturkomponenintfrm(100,50,gmbr1.getWidth()+10,gmbr1.getHeight()+33);


p.repaintPanelImage(img1);


}


Method
updateImage berfungsi untuk menampilkan gambar yang telah dirubah ukurannya.
Gambar tersebut ditampilkan dengan memanggil kelas PanelDrw, method aturKomponen dan method repaintPanelImage melalui objek p
yang telah didefinisikan sebelumnya.


BufferedImage scale(BufferedImage
image1,float rx,float ry){


AffineTransform
tx = new AffineTransform();


tx.scale(rx,ry);


AffineTransformOp op = new
AffineTransformOp(tx, AffineTransformOp.TYPE_BILINEAR);



return op.filter(image1, null);


}


Method
scale berfungsi merubah ukuran gambar dengan cara memanggil kelas
AffineTransform yang terdapat pada package java.awt.geom dengan parameter
berupa bilangan integer, dimana parameter tersebut di dapat dari inputan yang
di input oleh user. Hasil proses dari kelas AffineTransform sebagai parameter
pada kelas AffineTransformOp yang akan mengembalikan berkas berupa BufferedImage
yang menampung gambar baru yang telah dirubah ukurannya.





3.5 Implementasi


Dalam tahapan implementasi aplikasi,
maka untuk menjalankan aplikasi ini dibutuhkan syarat minimal yang harus
dipenuhi oleh komputer yang digunakan sebagai media implementasinya, syarat
tersebut yaitu komputer telah terinstal java runtime environment versi 1.6.
Untuk mengeksekusi aplikasi ini caranya adalah mengetikkan perintah java –jar
Resizing.jar melalui terminal atau command prompt yang dimiliki sistem operasi
komputer tersebut.


Berikut ini
akan ditampilkan ukuran dari gambar dengan resolusi 600x399 dengan ukuran file 66,3
KB.





(a)





(b)


Gambar 3.7 (a)
Gambar dengan Resolusi 600x399 (b)Ukuran Berkas Gambar dengan Resolusi 600x399





Diubah ke
ukuran 300 x 200 untuk melihat ukuran dari berkas gambar yang telah diubah
resolusinya. Pertama kita masukkan ukuran dari lebar dan tinggi yang
diinginkan. Lalu klik tombol proses.


.


Gambar 3.8 Masukan
Ukuran Gambar 300 x 200





(a)





(b)


Gambar 3.9 (a)
Gambar dengan Resolusi 300x200 (b)Ukuran Berkas Gambar dengan Resolusi 300x200





Lalu diubah
ke ukuran 100 x 67 untuk melihat ukuran dari berkas gambar yang telah diubah
resolusinya. Pertama kita masukkan ukuran dari lebar dan tinggi yang
diinginkan. Lalu klik tombol proses.





Gambar 3.10
Masukan Ukuran Gambar 100x67








(a)





(b)


Gambar 3.11 (a)Gambar
dengan Resolusi 100x67 (b)Ukuran Berkas Gambar dengan Resolusi 100x67





3.7 Spesifikasi Perangkat yang
Digunakan



Spesifikasi
perangkat keras yang digunakan penulis dalam pembuatan aplikasi pembelian obat
ini, adalah sebagai berikut:


-
Processor
AMD Athlon 500 MHz


-
CRT
Monitor 17” 1024x768 pixel


-
RAM
384 MB


-
Hardisk
80 GB


-
Nvidia
Vanta Bios 16 MB


Sedangkan untuk perangkat lunak yang
digunakan dalam pembuatan aplikasi pembelian obat ini adalah sebagai berikut:


-
J2sdk-1_6_0_03


Penulis menggunakan java
versi j2sdk 1.6 dalam pembuatan aplikasi pembelian obat ini.


-
eclipse-java-galileo-SR1-win32



Penulis menggunakan
eclipse-java-galileo-SR1-win32 sebagai Integrated Development Environment dalam
pembuatan aplikasi.








-
Windows
XP Professional SP2


Penulis menggunakannya
sebagai system operasi dalam pembuatan aplikasi resizing citra ini.

AISHA

Posts : 1
Reputasi : 3
Cendol : 0
Join date : 22.03.10

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

default Re: Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Post by risdo on Sun Mar 28, 2010 11:45 pm

ko gambarnya ilang smua aisah???? salah link lw ya?
avatar
risdo
Admin
Admin

Posts : 209
Reputasi : 377
Cendol : 1
Join date : 26.10.09
Location : Bekasi

Lihat profil user http://c0b4d1b4c4.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

default Re: Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Post by abgan on Mon Mar 29, 2010 6:18 am

gambarnya mana?.???
mw yang pake gambar donk,..
avatar
abgan

Posts : 8
Reputasi : 8
Cendol : 0
Join date : 12.11.09
Age : 27
Location : Jakarta

Lihat profil user http://ghani.gxrg.org

Kembali Ke Atas Go down

default Re: Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Post by fahrizal_gg on Mon Apr 12, 2010 7:21 pm

loh???ini kan bab III
avatar
fahrizal_gg

Posts : 32
Reputasi : 36
Cendol : 0
Join date : 28.10.09
Age : 28
Location : dunia DOTA

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

default Re: Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Post by DJ_and on Sun Apr 18, 2010 7:22 am

Ribet BEt RIBET>>> RMH
avatar
DJ_and

Posts : 61
Reputasi : 95
Cendol : 2
Join date : 28.10.09

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

default Re: Contoh BAB II IMK dari Ka Septian

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik