Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Chat Box

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 34 pada Tue Oct 22, 2024 10:15 pm
Total Pengunjung
Website counter
Visitor
membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Labels=0

membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans

Go down

membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Empty membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans

Post by nicky_aditya Thu May 06, 2010 8:49 am

nech buat tmn2 sekalian yg k repotan menggunakan eclipce ad cara mudah untuk mengerjakan tugas grafkom. dengan menggunakan netbeans silakan disimak









Ogre, Netbeans dan MinGW dapat Anda gunakan untuk mengembangkan
aplikasi 3D dengan gratis, terutama untuk pengembangan games.
Pengetahuan pemrograman dengan menggunakan bahasa C++ sangat diperlukan
agar dapat mengembangkan games dengan Ogre. Tentunya Anda juga
memerlukan perangkat lunak lainnya untuk membuat resource seperti
Blender untuk membuat model 3D dan GiMP untuk membuat resource 2D.
Ogre
Ogre (Object-oriented Graphics Rendering Engine) adalah mesin render
grafis 3D yang dapat berkomunikasi dengan kartu grafis melalui DirectX
dan OpenGL. Agar dapat menggunakan Ogre dengan Netbeans, anda perlu
memasangnya terlebih dahulu dan juga memasang plugin C/C++. Selain itu,
Unduhlah Ogre SDK 1.6 yang khusus untuk Code::Blocks+MingW, bukan Ogre
SDK untuk Visual C++ di “http://www.ogre3d.org/download/sdk”.
Setelah terpasang, Ogre SDK memilki beberapa folder, yaitu
membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Image001-1
Netbeans
Netbeans 6.5 adalah IDE (Integrated Development Environment) yang
dikembangkan untuk para pengembang perangkat lunak. Semua hal yang
diperlukan untuk membuat aplikasi desktop, web dan aplikasi untuk
perangkat genggam, tersedia di Netbeans dengan bahasa Java, C/C++ dan
bahkan PHP, JavaScript dan Ruby. Netbeans mudah untuk dipasang dan dapat
dijalankan pada berbagai platform seperti Windows, Linux, Mac OS X dan
Solaris.
Terdapat beberapa unduhan Netbeans yang berbeda isi plugin-nya.
Sebaiknya Anda mendownload yang sudah memiliki plugin C/C++ di
“http://www.netbeans.org/downloads/”. Tentunya Anda butuh Java Runtime
untuk menjalankan Netbeans, unduhlah di
“http://java.sun.com/j2se/1.4.2/download.html”.
MingW
MinGW (Minimalist GNU for Windows) adalah sekumpulan koleksi file header
dan file library Windows yang gratis dan dapat didistribusikan,
termasuk GNU Compiler Collection (GCC). Selain MinNW, Anda juga
membutuhkan MSYS, untuk mempermudah pengembangan C++ di Windows dengan
menggunakan perintah-perintah yang sama seperti di UNIX. Anda dapat
mengunduh keduanya di “http://www.mingw.org/”. Yang Anda butuhkan adalah
:
1. MinGW 5.14 Installer.
2. GCC Versi 3.4.5
3. GNU Make 3.81
4. MSYS
http://downloads.sourceforge.net/mingw/MSYS-
Pengaturan Netbeans
Setelah Anda menginstall Ogre SDK, Java, Netbeans beserta plugin C/C++,
MinGW dan MSYS maka jalankanlah Netbeans. Klik File –> New Project,
lalu pilih kategori C/C++ dan pilih Projects “C/C++ Application”. Beri
nama proyek Anda, letakkan pada suatu folder, lalu klik Finish.
membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Image002-5;
membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Image003-1;
Sekarang Anda akan ditunjukkan proyek baru C/C++ di sebelah kiri
Netbeans. Terdapat empat folder kosong yaitu folder “Header files”,
“Resource Files”, “Source Files” dan “Important Files”. Klik kanan pada
folder “Source Files”, pilih “Add Existing Item”, lalu tunjuk pada
folder “/OgreSDK/samples/src” dan pilihlah file “CameraTrack.cpp”.
Agar proyek “cOgreDemo” dapat di Build, Anda harus melakukan pengaturan
terlebih dahulu. Klik kanan pada proyek Anda, lalu pilih Properties.
Sebuah proyek C++ di Netbeans memiliki dua konfigurasi, yaitu Debug dan
Release. Pilih konfigurasi Debug.
Di dalam Categories, pilihlah Build –> C++ Compiler. Lalu klik
tombol “…” di dalam “Include Directories” untuk menambah folder include
yang diperlukan. Tambahkan “/OgreSDK/include” dan
“/OgreSDK/samples/include”. Lakukan hal yang sama pada konfigurasi
Release.
Untuk Preprocessor Definitions, tambahkan “WIN_32”, “_DEBUG” dan
“_WINDOWS” untuk konfigurasi Debug, dan tambahkan “WIN_32”, “NDEBUG” dan
“_WINDOWS” untuk konfigurasi Release.
Sekarang untuk pengaturan Linker, tambahkan file library “OgreMain_d”
dan “OIS_d” yang berada di folder “/OgreSDK/bin/debug” dan masukkan
folder tersebut ke dalam “Additional Library Directories”. Lakukan hal
yang sama untuk konfigurasi Release dengan file library “OgreMain” dan
“OIS”. Dan kedua konfigurasi, di “Additional Options”, masukkan pilihan
“-Wl,–enable-auto-image-base, -Wl, –add-stdcall-alias”.
Saat ini, program Anda telah siap untuk di Build menjadi bentuk
executable. Klik kanan pada proyek Anda, lalu pilih menu “Build”.
Netbeans akan membuat file executable pada folder proyek Anda.
membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Image004-6
File executable yang tercipta, belum dapat Anda gunakan, karena aplikasi
Anda, tidak mengetahui dimana keberadaan file library Ogre yang
dibutuhkannya. Cara yang paling mudah untuk melihat contoh aplikasi Ogre
adalah dengan mengatur “Run Directory” yang terdapat pada properti
proyek Anda di kategori “Run”. Masukkan folder “/OgreSDK/bin/debug”
untuk konfigurasi Debug dan “/OgreSDK/bin/release” untuk konfigurasi
Release. Sekarang, aplikasi Anda dapat dijalankan melalui Netbeans.
membuat project OGRE dengan menggunakan netbeans Image005-7
dikutib dari : http://ajipamungkas.net23.net/?p=103
nicky_aditya
nicky_aditya

Posts : 12
Reputasi : 18
Cendol : 0
Join date : 17.11.09
Age : 37
Location : bekesong city

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik