Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Similar topics
Chat Box

User Yang Sedang Online
Total 5 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 5 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 34 pada Tue Oct 22, 2024 10:15 pm
Total Pengunjung
Website counter
Visitor
Pengenalan BAhasa assember...  Labels=0

Pengenalan BAhasa assember...

Go down

Pengenalan BAhasa assember...  Empty Pengenalan BAhasa assember...

Post by DJ_and Fri Oct 08, 2010 7:18 am

Pengenalan Bahasa Assembly!!

1. Apakah Sebenarnya Bahasa Assembly itu?

-------------------------------------------

Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang tergolong dalam Bahasa Pemrogaman Tingkat Rendah (Low Level Language) dan hanya setingkat diatas bahasa mesin (Machine Language).



2. Mengapa Assembly?

----------------------

Assembly memiliki kelebihan yang tidak dapat digantikan oleh bahasa pemrogaman manapun. Diantaranya adalah :

- Hasil program memiliki tingkat kecepatan yang tinggi.

- Ukuran dari program kecil.

- Sangat mudah untuk mengakses Sistem Komputer.



3. Apakah Segment dan Offset itu?

-----------------------------------

Segment dan Offset merupakan suatu angka 16 bit (direpresntasikan dalam bilangan hexa) yang menunjukkan suatu alamat tertentu di memory komputer. Pasangan segment : offset ini disebut juga alamat relatif. Selain alamat relatif, terdapat juga alamat mutlak berupa angka 20 bit (juga direpresentasikan dalam bilangan hexa). Alamat mutlak ini dapat dihitung dengan mengalikan segment dengan 10 hexa dan ditambahkan dengan offset.

Contoh : segment : offset

0100 : 1234

Alamat relatifnya adalah : 02234



4. Apakah Interrupt itu?

--------------------------

Interrupt adalah permintaan kepada microprocessor untuk melakukan suatu perintah. Ketika terjadi permintaan interupsi, microprocessor akan mengeksekusi interrupt handler , yaitu suatu program yang melayani interupsi. Setitap interrupt handler itu memiliki alamat masing - masing yang disimpan dalam bentuk array yang masing - masing terdiri dari 4 byte (2 offset dan 2 segment). Array ini disebut vektor interupsi . Vektor interupsi ini disusun berdasarkan nomor interupsi yaitu dari hexa. Selain itu, dikenal juga istilah service dan subservice, maksudnya adalah bahwa setiap interrupt itu dibagi menjadi beberapa bagian yang mempunyai tugas masing - masing. Tetapi ada juga interrupt yang tidak memiliki service, contohnya int 29.


5. Apakah Register itu?

-------------------------

Register adalah merupakan sebagian memory dari microprocessor yang neniliki kecepatan sangat tinggi. Dapat juga dianalogikan bahwa register merupakan kaki tangan dari microprocessor.



Register dibagi menjadi lima bagian besar yaitu :

1. Segment Register (16 bit)

Register untuk menunjukkan alamat dari suatu segment. Yang termasuk register segment :

. CS (Code Segment)

Menunjukkan alamat segment dari program yang sedang aktif.

. DS (Data Segment)

Menunjukkan alamat segment dari data program (variabel).

. SS (Stack Segment)

Menunjukkan alamat segment dari stack yang digunakan program.

. ES (Extra Segment)

Merupakan register segment cadangan.



2. Pointer dan Index Register (16 bit) Register untuk menunjukkan alamat dari suatu offset.

Yang termasuk register pointer dan index :

. SP (Stack Pointer)

Berpasangan dengan SS (SS : SP).

. BP (Base Pointer)

Berpasangan dengan SS (SS : BP).

. DI (Destination Index)

Berpasangan dengan ES (ES : DI). Dipakai untuk operasi string.

. SI (Source Index)

Berpasangna dengan DS (DS : SI). Dipakai untuk operasi string.



3. General Purpose Register (16 bit)

Register ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, tetapi masing - masing juga memiliki fungsi khusus. Jenis register ini memiliki ciri khas, yaitu dapat dibagi lagi menjadi register 8 bit, register tinggi/high, dan register rendah/low.

Yang termasuk register general purpose :

. AX --> AH|AL (Accumulator)

Untuk menangani operasi arithmatika.

. BX --> BH|BL (Base)

Untuk menunjukkan alamat offset.

. CX --> CH|CL (Counter)

Untuk looping, menunjukkan berapa kali looping terjadi.

. DX --> DH|DL (Data)

Untuk menampung sisa pembagian bilangan 16 bit.



4. Index Pointer Register (16 bit)

Hanya terdiri dari 1 register yaitu IP yang berpasangan dengan reguster CS (CS : IP) untuk menunjukkan alamat instruksi selanjutnya yang akan dieksekusi.



0125. Flags Register (1 bit)

Register ini berfungsi untuk menunjukkan suatu kondisi (ya atau tidak).

Register ini hanya bernilai 0 dan 1.

Yang termasuk register flags :

. OF (Overflow Flag) 1 jika terjadi overflow

. SF (Sign Flag) 1 jika digunakan bilangan bertanda

. ZF (Zero Flag) 1 jika hasil operasi bernilai 0

. CF (Carry Flag) 1 jika operasi menghasilkan carry

. PF (Parity Flag) 1 jika hasil operasi bilangan genap

. DF (Direction Flag) 1 jika alur proses alur proses menurun pada string

. IF (Interrupt Flag) 1 jika proses dapat diinterupsi

. TF (Trap Flag) 1 jika dapat ditrace / debug

. AF (Auxiliary Flag) digunakan pada operasi bilangan BCD

. NT (Nested Task) digunakan untuk menangani interupsi beruntun

. IOPL (I/O Protection Level) digunakan untuk mode proteksi (2 bit)



6. Bagaimana memulai Assembly?

---------------------------------

Bahasa assembly tidak seperti bahasa tingkat tinggi (High Level Language) yang biasanya memiliki IDE - Integrated Development Environment, bahasa assembly dapat diketikkan dalam berbagai macam editor teks, misalnya BC, TC, TURBO, NOTEPAD, EDIT, dan editor teks lainnya. Yang perlu diingat bahwa ekstensi dari program assembly haruslah .ASM. Setelah program assembly diketikkan dan disimpan dengan ekstensi .ASM, maka program tersebut harus dikompilasi menjadi Object File berekstensi .OBJ, dan kemudian harus dilink menjadi executable file (.EXE/.COM), executable file inilah yang baru dapat dijalankan.


Untuk mengcompile : C:\TASM

Untuk melink : C:\LINK

C:\Option /t untuk melink file ke .COM

C:\Untuk melink menjadi .EXE, hilangkan option /t ini.

atau pake cara langsung :



7. Apakah Perbedaan .COM dan .EXE?

------------------------------------

Perbedaan program .COM dan .EXE adalah :

Program .COM Program .EXE

- Hanya menggunakan 1 segment untuk º - Menggunakan banyak segment.

- code, data, dan stack. º

- Ukuran program relatif kecil º - Ukuran program relatif besar

- Hasil program lebih cepat º - Hasil program lebih lambat

- Hanya dapat menangani program kecil º - Dapat menangani program yang besar(<=64 KByte). 8. Bagaimana Struktur Program .COM? ------------------------------------- Untuk .COM dan .EXE memiliki struktur program yang berbeda, untuk kesempatan ini hanya akan dibahas struktur program .COM. Berikut ini struktur program .COM (tanda ; adalah untuk komentar) : nama_segment segment ; nama_segment diisi terserah anda ; Baris ini untuk memberikan nama sebuah segment assume cs : nama_segment ; Menunjukkan CS ke segment yang sudah kita beri nama org 100h ; Untuk PSP - Program Segment Prefix ; PSP ini digunakan untuk berhubungan dengan DOS label_pertama : ; Di Assembly, minimal harus ada satu label, ; penamaan label terserah anda mov ah,04ch ; service int 21h ; int 21h service 04ch merupakan instruksi untuk ; keluar dari program nama_segment ends ; Akhir dari sebuah segment end label_pertama ; Label yang paling pertama harus ditutup dengan perintah ini 9. Bagaimana Variabel dalam Assembly? -------------------------------------- Dalam assembly dikenal beberapa jenis data, yaitu : - db (define byte) --> Besarnya 1 byte (0h - FFh)

- dw (define word) --> Besarnya 2 byte (0h - FFFFh)

- dd (define double word) --> Besarnya 4 byte (0h - FFFFFFFFh)

- df (define far word) --> Besarnya 6 byte (0h - FFFFFFFFFFFFh)

- dq (define quad word) --> Besarnya 8 byte (0h - FFFFFFFFFFFFFFFFh)

- dt (define temp word) --> Besarnya 10 byte (0h - FFFFFFFFFFFFFFFFFFFFh)



10. INT, MOV, JMP, dan LEA

----------------------------

INT

---

INT adalah perintah untuk melaksanakan suatu interupsi.

Syntaxnya adalah : INT no_interupsi

Contoh : INT 20h ; untuk program terminate



MOV

---

mOV adalah perintah untuk mengisi nilai ke register, variabel, atau alamat memory tertentu.

Syntaxnya adalah :MOV destination,source

Contoh : MOV AX,5 ; nilai AX akan berisi 5



JMP

---

JMP adalah perintah untuk melakukan lomptan ke label tertentu.

Syntaxnya adalah : JMP nama_label

Contoh : JMP label1 ; Program akan melompat ke label1



LEA

---

LEA adalah perintah untuk mendapatkan alamat dari sebuah variabel.

Syntaxnya adalah : LEA variabel

Contoh : lea si,bil1 ; si akan berisi offset bil1



11. Tambahan

--------------

Beberapa hal penting yang perlu diingat :

. Bagian deklarasi variabel tidak boleh dijalankan, harus dilewati dengan melakukan lompatan ke label setelahnya.

. Semua perintah assembly yang membutuhkan 2 operand seperti MOV memiliki syarat sebagai berikut :

- Kedua operand besarnya harus sama.

Contoh : MOV ax,bl ; ini salah karena AX 16 bit dan bl 8 bit

MOV al,bl ; ini benar, AL dan BL besarnya 8 bit

- Kedua operand tidak boleh keduanya variabel

Contoh :

MOV a,b ; ini salah, kedua operand a dan b adalah variabel

MOV al,b ; kedua perintah ini untuk menggantikan perintah

MOV a,al ; yang salah diatas

- Register segment tidak boleh diisi langsung, harus menggunakan perantara

Contoh :

MOV es,0b800h : salah, es tidak boleh diisi langsung

MOV ax,0b800h ; kedua perintah ini untuk menggantikan perintah

MOV es,ax ; yang salah diatas

. Untuk intterupt, ingatlah bahwa setiap interrupt memiliki syarat - syarat sebelum dipanggil. Penuhi syarat - syarat itu sebelum melakukan intterupt.



12. Contoh Program Sederhana

------------------------------

Program berikut ini akan membersihkan layar, kemudian akan muncul sebuah kalimat dan akan diminta untuk memasukkan sebuah karakter. Kemudian akan ditampilkan lagi sebuah kalimat diikuti dengan karakter yang tadi dimasukkan. code segment

assume cs : code

org 100h



begin : jmp start

kal1 db 'Masukkan sebuah karakter : $'

kal2 db 10,13,'Karakter yang anda masukkan adalah : $'

kar db ?



start : mov ah,0

mov al,3h

int 10h

mov ah,9h

lea dx,kal1

int 21h

12mov ah,1h

int 21h

mov kar,al

mov ah,9h

lea dx,kal2

int 21h

mov al,kar

int 29h

mov ah,4ch

int 21h

code ends

end begin



Simpanlah program diatas dengan ekstensi .asm (misal test.asm), kemudian compile program tersebut dengan perintah :

tasm

misal : tasm test.asm

Maka akan dihasilkan sebuah object file berekstensi .obj, kemudian link file tersebut dengan perintah :

tlink /t

misal : tlink /t test.obj

Maka akan dihasilkan sebuah file berekstensi .com, cobalah jalankan !



Penjelasan :

- Perhatikan baris begin : jmp start, karena baris berikutnya adalah deklarasi variabel, maka harus dilewati dengan perintah jmp start (melompat ke label start).

- Pada baris kal1 db 'Mas..... $' disini kita mendeklarasikan sebuah variabel untuk pencetakan string, ingatlah selalu untuk menambahkan tanda '$' diakhir sebuah string.

- Pada baris kal2 db 10,13,'... $' sama seperti baris sebelumnya, tetapi disini kita menambahkan 2 karakter, karakter 10 untuk turun baris, karakter 13 untuk memindahkan kursor ke awal baris.

- Pada barus start : mov ah,0 sampai baris int 10h, disini kita melakukan interupsi 10h service 0h, yaitu untuk mengganti modus layar, al berisi 3 berarti modusnya adalah teks 80 x 25. Efek yang terjadi adalah layar akan bersih.

- Pada baris mov ah,9 sampai baris int 21h (2 baris dibawahnya), kita melakukan int 21h service 9h, yaitu untuk mencetak sebuah string. Register dx harus berisi alamat dari string yang akan dicetak.

- Pada baris mov ah,1h sampai baris mov kar,al, kita menggunakan int 21h service 01h, yaitu untuk meminta input 1 karakter dan ditampilkan ke layar. Karakter yang diinput akan berada pada register al setelah interupsi dilakukan, maka kita isikan ke variabel kar dengan perintah mov kar,al

- Selanjutnya pada baris mov al,kar dan int 29h, kita menggunakan int 29h yang tidak memiliki service, fungsinya untuk mencetak 1 karakter yang ada pada register al.
DJ_and
DJ_and

Posts : 61
Reputasi : 95
Cendol : 2
Join date : 28.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik